Akun Pribadi Medsos Caleg, Dianjurkan Di Laporkan Ke Bawaslu

Tanjungpinang (NetKepri) – Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga Kota Tanjungpinang menggelar Diskusi Ilmiah dengan tema sukseskan pemilu damai, aman, bersih, dan tanpa hoax di hotel pelangi Km 7. Sabtu (6/10).

Dalam pemaparannya, ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang menyampaikan bahwa sudah ada 16 partai politik yang mendaftarkan akun media sosial nya ke Bawaslu.

“Baik partai nya atau caleg harus mendaftarkan akunnya, 16 parpol di Tanjungpinang sudah mendaftar akun FB nya untuk pemilu 2019 ini,” Ucap Muhammad Zaini.

Zaini juga menambahkan bahwa setiap kandidat calon maju di peserta pemilu wajib mendaftarkan akun medsos di pemilu, kuota tiap parpol 10, namun yang mendaftar belum sampai 10 akun yang di berikan .

“Bawaslu juga akan memantau akun media sosial yang telah di daftarkan ke Bawaslu, bahkan ada parpol yang belum mendaftarkan akunnya, bahkan ada juga yang hanya mendaftar akunnya satu atau dua saja,” tambah Zaini.

Selain itu Zaini juga mengharapkan agar kampanye atau pemilu di tahun ini harus lah bersih dari segala bentuk kecurangan.

“Kampanye harus sifat santun, bersih, beradab dan tidak bersifat propokatif,” ucapnya di depan peserta yang hadir dalam diskusi siang itu.

Dirinya juga menyampaikan agar para caleg mendaftarkan akun pribadinya ke bawaslu agar mudah dipantau, selain itu para caleg juga bisa mendaftarkan akunnya lewat parpol dan langsung di serahkan ke Bawaslu.

“Selain itu yang melakukan black campain akan di proses, akun media sosial yang di luar selain yang di daftar kan akan di tindak lanjuti jika di luar prosedur, selain itu akun media sosial milik pribadi para caleg wajib di daftarkan, lewat parpol juga bisa, namun jika tidak di daftarkan akan di tindak lanjut apa lagi berkampanye secara black campaing,” tutup Zaini selaku ketua Bawaslu Tanjungpinang.

Diskusi Publik ini juga dihadiri oleh walikota Tanjungpinang Syahrul S.pd, Endri Sanopaka selaku Akademisi, Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhammad Zaini, Kapolres Tanjungpinang Ucok Lasidin silalahi, Dandim Tanjungpinang-Bintan Letkol Inf I Gusti, Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution dan ketua PWI Tanjungpinang- Bintan Zakmi Piliang yang di pandu oleh Moderator Eki Darmawan. (Red/Bud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wanita Di Bawah Umur Di Setubuhi Oleh Orangtua Angkat Dan Pacarnya

    Tanjungpinang (NETKepri) – Bertempat di lobi Polres Tanjungpinang dilaksanakan Konferensi Pers Tindak Pidana ...