Ringankan Tugas Bupati, Mahasiswa Wacanakan Dirikan Taman Bacaan Di Pulau Telang Besar Bintan

Bintan (NetKepri) – Kegiatan Pengabdian yang diselenggarakan oleh Tim Rintara Jaya Kepri di Desa Mantang, Pulau Telang Besar, Kabupaten Bintan berjalan sesuai harapan. (28/3).

Dalam wawancaranya, Mulyadi selaku ketua Tim Rintara Jaya kepri menceritakan pengalamannya bersama rekan – rekannya selama melaksanakan kegiatan pengabdian di Pulau Telang Besar.

“Kita adakan kelas inspirasi di SD Negeri 004, memberi motivasi kepada adik – adik mengenai pentingnya pendidikan karena memang banyak yang tidak melanjutkan ke tingkat SLTP karena transportasi laut yang menjadi persoalan utamanya”. Ujar Mulyadi.

Menurutnya, sebagai mahasiswa yang aktif dilapangan sudah selayaknya menyoroti dan menyuarakan berbagai persoalan yang ada ditengah kehidupan bermasyarakat, menjembatani aspirasi – aspirasi yang selama ini tidak tersampaikan, khususnya mengenai transportasi yang menjadi kendala utama masyarakat Pulau Telang Besar saat ini.

“Jarak tempuh dari SD yang berlokasi di pulau talang besar menuju SMP yang berlokasi di Lemau sekitar 30 menit, dengan daerah kijang kota. Melanjutkan ke SLTA membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari kijang ke pulau telang”. Ungkap Mulyadi.

Ditambahkan mulyadi, bahwa di SD Negeri 004 hanya tersedia 3 ruang kelas dan 18 orang murid untuk kelas 1 hingga 5, karena untuk kelas 6 sudah harus pindah ke kijang 1 kelas dan ke telang kecil 1 kelas.

Dirinya juga menggambarkan bahwa di pulau telang besar berdiri sebuah pabrik karet yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai buruh disana, dan sisanya berpenghidupan sebagai nelayan.

“Ada 30 KK masyarakat yang tinggal di pulau telang besar yang sebagian besar bekerja sebagai buruh pabrik karet dan sisanya 8 KK bekerja sebagai nelayan yang tidak lain merupakan penduduk asli setempat”. Kata Mulyadi.

Mengakhiri perbincangannya, mulyadi menyampaikan bahwa dirinya dan rekan – rekan dari Rintara Jaya Kepri akan kembali ke pulau telang besar dengan agenda lanjutan, yang tentu akan dipersiapkan secara matang.

“Insya allah, agenda pengabdian di pulau telang besar kembali dilaksanakan setelah lebaran nanti, rencananya dengan membawa buku bacaan dan kita upayakan mendirikan taman bacaan di sana,  oleh itu kita harapkan pada pihak yang berkenan menyumbangkan buku – buku baik bekas maupun baru dapat menghubungi saya, mulyadi koordinator tim rintara jaya kepri (081365309064)”. Tutup Mulyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Di Demo Berulangkali Terkait BUMD, Mahasiswa nyatakan Walikota Jangan Buang Badan

Tanjungpinang (NETKepri) – Terkait Persoalan di dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang yang ...