Minat Pendaftar Anggota KPU Lingga, Anambas, Natuna Masih Minim

Tanjungpinang (Netkepri) – Saat ini Tim Seleksi (TIMSEL) KPU kabupaten/kota se kepulauan Riau (KEPRI) sedang membuka seleksi calon penerimaan anggota komisi pemilihan umum (KPU) untuk kabupaten dan kota se Provinsi KEPRI, Rabu (07/03).

“Saat ini pendaftaran untuk calon anggota KPU di 7 (Tujuh) kabupaten/kota di Provinsi kepulauan Riau sedang di buka dan pendaftaran ini di tutup tanggal 12 maret 2018” Ucap ketua pansel Razaki persada.

Ia menambahkan bahwasanya sampai saat ini minat pendaftar di kabupaten Lingga,  Anambas dan Natuna sangat lah minim. mungkin ini akibat terbatasnya sumber daya manusia di tiap – tiap daerah tersebut.

Selain itu akses yang jauh untuk ke kota batam dan tanjungpinang sebagai tempat seleksi pemilihan membuat peserta yang dari,  Lingga,  anambas dan natuna memiliki minat yang kurang terhadap pendaftaran calon KPU se kota dan kabupaten di KEPRI.

Materi seleksi terdiri dari seleksi administrasi yg melihat kelengkapan dan kebenaran persyaratan calon, Kemudian tes tertulis menggunakan sistem komputerisasi. Dilanjutkan psikotest oleh lembaga profesional dan tes kesehatan jasmani maupun rohani. Tutur Razaki.

Selain itu DR razaki yg pernah jd anggota kpu kota batam 2003-2004, anggota kpu prov kepri 2 periode dan ketua bawaslu prov kepri 2012-2017 dan sekarang kembali ke kampus jadi dosen universitas putera batam ini menjelaskan bahwa selain rangkaian tes tersebut juga sangat diharapkan tanggapan masyarakat terhadap calon yang meliputi integritas dan rekam jejak kinerja. Terutama dg syarat calon penyelenggara pemilu yg minimal 5 thn terakhir tidak boleh jd pengurus dan anggota parpol maupun timses calonn Pres/Gub/Wako/Bupati.

Nantinya timsel akan menyerahkan jumlah calon sebanyak 2x yang dibutuhkan untuk fit & proper test langsung oleh kpu RI, anggota terpilih kpu kab/kota adlh masing – masing sebanyak 3 orang, kecuali kita batam 5 org karena sesuai UU No 7 tahun 2017 penduduknya lebih dari 500.000.

Beliau mengharapkan kepada seluruh peserta calon yang mendaftar agar berihtikad jujur dalam proses seleksi,  serta menghimbau kepada masyrakat KEPRI agar bisa mencermati figur calon penyelenggara pemilu di 7 kab/kota se kepri ini.

“Perlu di ketahui bersama ialah bahwasanya pendaftaran calon anggota KPU tidak di pungut biaya apa pun,  namun saat pendaftaran seleksi CAT di kota batam maupun tanjungpinang,  tentunya ongkos transport, konsumsi dan penginapan di tanggung peserta”. Tutup Razaki. (Red/Bud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Di Demo Berulangkali Terkait BUMD, Mahasiswa nyatakan Walikota Jangan Buang Badan

Tanjungpinang (NETKepri) – Terkait Persoalan di dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang yang ...