Kembangkan Kampung Wisata, Gerakkan Ekonomi Umat

Hari Libur, Tinjau Proyek dan Jemput Aspirasi

Tanjungpinang (Netkepri) – Gubernur H Nurdin Basirun menyambut baik keinginan masyarakat Tanjungsiambang Dompak agar daerah mereka menjadi salah satu kampung wisata. Iven wisata tahunan pun akan disiapkan untuk diselenggarakan di Tanjungsiambang sebagai pemacu kepariwisataan.

“Pariwisata memang memacu dan memicu ekonomi masyarakat. Hal ini sejalan dengan konsep kita mengembangkan Dompak tak hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi juga sebagai daerah tujuan wisata,” kata Nurdin usai berbincang-bincang dengan masyarakat Tanjungsiambang, Ahad (11/3) petang.

Sepanjang Ahad, Nurdin memang melakukan peninjauan sejumlah proyek di kawasan Pulau Dompak. Dalam peninjauan itu, Nurdin langsung didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.

Dari ujung Jembatan I Dompak, Nurdin menyusuri beberapa titik pengerjaan proyek. Usai berjamaah Ashar, Nurdin meninjau jalan menuju Masjid Nur Ilahi, Dompak.

Di sini, rencana menjadikan kawasan sekitar masjid sebagai Islamic Centre semakin dimatangkan. Aktivitas perekonomian syariah juga harus semakin bergerak hebat sejak dari kawasan ini. Terlebih halal food atau kuliner muslim juga akan dikembangkan di kawasan ini.

“Roda ekonominya bergerak baik. Dari umat untuk umat,” kata Nurdin.

Selain itu, penumbuhkembangan generasi Qurani juga semakin intensif dari kawasan ini. Nurdin ingin anak-anak muda yang punya potensi dalam belajar ilmu Alquran dibiayai pendidikannya. Demikian juga dengan guru-guru yang harus diberikan insentif

“Kan bangga kita punya generasi Quran yang masih gagah gagah. Juga imam masjidnya hafiz,” kata Nurdin.

Sebagai daerah tujuan wisata, Nurdin mengingatkan agar tugu bernuansa agama pada bundaran menuju masjid harus yang terbaik. Termasuk taman-takannya harus cantik dan menarik minat masyarakat untuk datang.

“Biar menyebar keindahan yang agamis di Dompak ini lewat media-media sosial,” kata Nurdin.

Terkait perkembangan kepariwisataan, Nurdin mengingatkan kebersihan harus menjadi yang utama. Untuk masyarakat Tanjungsiambang, Nurdin memang berpesan agar menjaga kebersihan di laut dan di darat. Untuk mendukung itu, Nurdin segera memberikan mobil sampah.

Untuk Tanjungsiambang, Nurdin juga segera memasang penerangan lampu jalan di tiga titik persimpangan jalan. Nurdin dan rombongan sempat meninjau perumahan di belakangan perkantoran Dompak. Ada pembicaraan membantu pembangunan musholla di kawasan perumahan itu. Sekaligus dengan paving bloknya.

“Duduk dan bual model anak beranak, banyak yang bisa diselesaikan,” kata  Nurdin.

Nurdin, yang tiap Senin melakukan evaluasi perkembangan pembangunan bersama seluruh Kepala OPD, memang sering meninjau langsung proyek-proyek yang sedang dikerjakan. Karena itu dia selalu tahu progres perkembangan fisik di lapangan sejumlah proyek strategis.

“Semua harus tepat waktu dan sesuai perencanaan awal. Apalagi proyek-proyek ini mendukung aktvitas masyarakat nantinya,” kata Nurdin.(Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sidang 1 PHPU Pileg Kepri Akhirnya sampai ke MK

Tanjungpinang (NETKepri) – permasalahan mengenai pemilihan umum tingkat provinsi kepulauan belumpun kunjung usai hal ini ...