Hoax dan Ujaran Kebencian Di Sosmed Cerminan Akhlak Tercela

Pemkab, Polres dan Elemen Masyarakat DI Bintan Ikrar Anti Hoax dan Hate Speech

Bintan (NetKepri) – Pemkab dan Polres Bintan, beserta sejumlah elemen masyarakat mendeklarasikan diri melawan hoax dan hate speech yang saat ini sedang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Penyelenggaraan deklarasi tersebut dihadiri oleh sekda bintan, Drs.Adi Prihantara, Kaporlres Bintan AKBP Boy Herlambang, Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, LAM Bintan, FKUB Bintan, FDM Bintan, dan beberapa elemen masyarakat lainnya di Aula Kantor Bupati Bintan, Jumat (16/3).

Kepala Badan Kesbangpol Bintan Ir.Karya Harmawan dalam laporannya menyebutkan bahwa konten palsu (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech) tidak dapat dipungkiri lagi telah mewabah dan menjadi polemik tersendiri di masyarakat.

“Hoax dan hate speech itu membanjiri sosial media. Tua muda remaja bahkan anak-anak, semuanya hampir terpecah karena hal ini. Mulai dari Pemerintah Pusat sampai ke daerah-daerah, harus sepakat dan komitmen kita untuk membasmi hoax ini. Berbagai peraturan yang telah ada bahkan yang baru dibuat harus dapat kita terapkan bersama” terangnya.

Sekda Bintan Drs H Adi Prihantara, MM dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan utama yang harus dirangkum adalah menangkal hoax dan hate speech itu sendiri. Adi bahkan mengatakan bahwa dalam Islam sendiri hoax bisa dikategorikan sebagai suatu fitnah sedangkan hate speech sendiri sama halnya dengan cerminan akhlak tercela (mazmumah).

“Masyarakat kita harus cerdas, bukan berarti sekarang kita tidak cerdas, tapi harus lebih cerdas lagi. Tidak bisa kita mendengar informasi kemudian langsung kita ambil kesimpulan. Hoax itu jangan sampai menjadi momok, kita yang harus cerdas memilah dan melihat informasi yang berkembang” ungkapnya.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan ikrar bersama melawan hoax dan hate speech yang secara serentak diucapkan bersama-sama. (Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Di Demo Berulangkali Terkait BUMD, Mahasiswa nyatakan Walikota Jangan Buang Badan

Tanjungpinang (NETKepri) – Terkait Persoalan di dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang yang ...