Daging Sapi Ilegal Masuk Ke Perairan Kepri Berhasil Di Ungkap WFQR

Tanjungpinang (NetKepri) – Tim Gabungan Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV dan lanal Batam berhasil mengungkap penyelundupan berbentuk daging sapi yang diletakkan dalam kontainer, dibawa oleh kapal LCT Niaga Samudera 8 dari singapura tujuan batam. Kamis (15/3).

Dalam keterangannya, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama R Eko Suyatno menyampaikan bahwa penangkapan terhadap aktifitas penyelundupan ini berawal dari informasi intelijen beberapa waktu lalu mengenai dugaan aktifitas penyelundupan. Selanjutnya dilakukan pengembangan dan menggelar patroli di beberapa sektor dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Patroli Keamanan Laut (Patkamla) sehingga akhirnya didapati LCT Niaga Samudera 8 yang mengangkut 12 Kontainer di perairan sambu belakang padang, rabu 8 Maret 2018.

Berdasarkan pemeriksaan, barang yang diangkut oleh LCT Niaga Samudera 8 tidak sesuai dengan Manifest muatan, Namun BC batam menyampaikan bahwa kontainer yang dibawa LCT Niaga Samudera 8 statusnya adalah jalur hijau (Barang yang dibawa sesuai manifest muatan).

Tidak berhenti disitu, Tim WFQR ikut mengawal proses bongkar muat di gudang perusahaan, dan akhirnya didapati muatan barang yang memang tidak sesuai manifest. Yang terdaftar di manifest adalah kentang goreng beku, namun muatan didalamnya adalah daging sapi asal australia.

Menurut Danlantamal IV Tanjungpinang, jalur hijau kontainer telah disalahgunakan untuk menyelundupkan barang dari luar negeri, dan ditegaskan kedepannya patroli akan diperketat dan dilakukan secara rutin untuk membatasi ruang gerak aktifitas ilegal. (Red).

Sumber : http://lantamal4.koarmabar.tnial.mil.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Di Demo Berulangkali Terkait BUMD, Mahasiswa nyatakan Walikota Jangan Buang Badan

Tanjungpinang (NETKepri) – Terkait Persoalan di dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang yang ...