Pileg Nanti Tanjungpinang Timur bertambah Kursi

Tanjungpinang (NetKepri) – Jumlah kursi di daerah pemilihan (Dapil) Tanjungpinang Timur untuk Pemilihan Umum 2019 bertambah satu menjadi 12 kursi.

“Pada pemilu legislatif sebelumnya jumlah kursi di dapil ini sebanyak 11 kursi, nah sekarang kita tambah menjadi 12 kursi.
Ucap, “Robby Patria Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Sabtu (3-02-2018).

Menurutnya pergeseran kursi di Dapil tersebut dikarenakan jumlah penduduk di Tanjungpinang timur bertambah banyak.

Penambahan jumlah kursi di Dapil Tanjungpinang Timur tersebut sudah pasti. Tinggal menunggu ditetapkan saja.

Sedangkan, imbas dari penambahan kursi di Dapil Tanjungpinang Timur ini mengurangi jumlah kursi di Dapil Tanjungpinang Barat Kota yang semula 11 kursi menjadi 10 kursi.

“Untuk kursi Dapil Bukit Bestari tetap yakni delapan kursi. Sehingga jumlahnya tetap 30 kursi yang akan diperebutkan partai politik peserta pemilu 2019” tambah Roby patria.

jumlah kursi tersebut di tetapkan berdasar kan Dapil sesuai dengan SK KPU RI No 14/PR.03-1-Kpt/03/KPU/I/2018 Perihal Jumlah Penduduk Per Kelurahan pada Kecamatan dengan Alokasi Lebih dari 12 Kursi dalam Pemilu 2019.

Selain itu, KPU Tanjungpinang juga sudah menggelar rapat dengan berbagai pihak seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kesbangpol, seluruh Camat di Tanjungpinang, Kabag Pemerintahan dan Panwas baru-baru ini.

Selanjutnya KPU akan melalukan uji publik melibatkan parpol dan akademisi sebelum usulan tersebut disampaikan KPU RI melalui KPU Provinsi untuk ditetapkan.

“Mana yang Paling baik apakah membagi dapil Tanjungpinang Timur menjadi dua Dapil atau tetap, tentu akan Kita terima masukan dari Partai politik yang ada di Tanjungpinang,” katanya.

Bila Dapil Tanjungpinang Timur di pisah, maka perhitungan KPU Tanjungpinang semntara, Kelurahan Pinang Kencana dan Kelurahan Batu IX akan digabung menjadi satu dapil dengan jumlah 7 kursi

Sedangkan tiga kelurahan lainnya yakni Air Raja, Kota Piring dan Kampung Bulang menjadi satu dapil dengan jumlah lima kursi.

“Tentu KPU Tanjungpinang akan menerima masukan yang bagus nantinya jika kita lalukan uji publik bersama dengan parpol maupun pengamat politik,tokoh masyarakat di Tanjungpinang.(Bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bulog Tanjungpinang Hadirkan Stok Daging Beku

NetKepri,Tanjungpinang – Saat ini untuk pertama kalinya Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Tanjungpinang mendatangkan stok ...