Pendidikan Paud Itu Penting, Mengantarkan Anak Untuk Cerdas Dan Mandiri

Ilallia dan Tim Pendidikan Paud Maisarah

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pasal 1 butir 14 disebutkan, “Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.

Tanjungpinang (Netkepri) – Antusiasme Pendidikan PAUD di Kota Tanjungpinang yang menyebar diseluruh kecamatan tanjungpinang, hingga telah terbentuknya organisasi yang menaungi pendidikan Paud, Yaitu Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia atau dikenal dengan sebutan HIMPAUDI.

Media Netkepri mencoba mendatangi salah satu wadah pendidikan Paud untuk berbincang, menggali informasi seberapa pentingnya pendidikan PAUD bagi tumbuh kembang anak.

Ilallia.S.Pd, atau akrab disapa Lia, Pendiri PAUD Maisarah yang sekolahnya beralamat dijalan Handjoyo putro, Perumahan Bukit Indah Lestari I, Blok D, No 25, Kelurahan batu sembilan, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang. Dirinya menegaskan bahwa pendidikan anak usia dini itu penting dan lia menyarankan agar para orangtua menyekolahkan anaknya pada sekolah Paud terdekat.

“Penting, Paud itu memang diperuntukkan bagi anak yang baru lahir hingga usia 6 tahun. Pola pendidikannya secara umum adalah merangsang sang anak baik itu jasmani maupun rohani, agar sang anak siap untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut”. Terang Lia.

Dalam perbincangannya, Lia juga menerangkan konsep pendidikan Paud yang diterapkannya di sekolah Paud Maisarah yang dirinya bina.

“Pola yang kita terapkan adalah secara belajar sambil bermain yang menyangkut 9 (Sembilan) kecerdasan anak dan tim pendidik yang solid, kita berupaya keras untuk membuat anak cerdas dan mandiri”. Ujar Lia.

Lia yang sudah terjun ke dunia Paud selama 8 (Delapan) tahun ini juga menyampaikan alasan, kenapa Paud yang dirinya bina terletak ditengah pemukiman masyarakat.

“Efisiensi dan Aman. Kami ngga perlu membayar uang sewa, operasional yang rendah menjadikan biaya SPP Murah sehingga tidak membebani para orangtua, dan untuk aman karena disini kita dapat memproteksi anak didik kita. Paling tidak meminimalisir adanya upaya niat jahat, perumahan disini kan kita kenal semua warganya, bila ada orang asing , kita bisa waspada, karena anak – anak tidak selalunya hanya didalam gedung kan, kita mesti ajak anak untuk mengenal lingkungan”. Tutup Lia. (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Di Korem, Ustad M Zaini : Menanamkan Nilai Kebenaran Dan Kesucian Al-Qur’an

Tanjungpinang,NetKepri – Komando Resort Militer (Korem) 033/ Wira Pratama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 ...