Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Perpanjang Umur

Jakarta (NetKepri) – Para periset dari Institut Karolinska, Swedia, menyebut jika mengerjakan pekerjaan rumah, baik ringan, sedang maupun berat, bisa memperpanjang umur.

Sebab, aktivitas seperti berjalan kaki, membersihkan rumah atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya dalam waktu 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler atau gangguan jantung.

Seperti dilansir Tech Times, Selasa, 30 Januari 2018, para ilmuwan telah melakukan studi selama 15 tahun terhadap ratusan koresponden, di mana terdapat 851 pria dan wanita asal Swedia yang mereka teliti.

“Dari 851 koresponden, 24 meninggal dunia karena penyakit kardiovaskuler, 27 karena kanker, dan 28 disebabkan hal yang lain,” ungkap Maria Hagströmer, salah satu peneliti Karolinska.

Sementara itu, ia melanjutkan, koresponden yang mengganti waktu diam selama 30 menit sehari dengan aktivitas fisik ringan seperti pekerjaan rumah tangga, berjalan kaki, ini bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 24 persen.

Kemudian, koresponden yang menggantikan waktu duduk dengan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 10 menit sehari memangkas risiko kematian kardiovaskuler sebesar 33 persen.

“Lalu, ditambah lagi waktunya menjadi 30 menit ternyata bisa memangkas risiko kematian hingga 77 persen,” tuturnya. (Admin)

Sumber : https://www.viva.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes, Tiga Artis Ibu Kota Akan Hibur Masyarakat Tanjungpinang

Tanjungpinang,NetKepri – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) dalam rangka hari ulang ...