DPRD Kepri melalui Komisi II Dorong Pemprov Tingkatkan Investasi

Konsolidasi investasi bidang pengawasan dan pengendalian penanaman modal di Batam, Selasa (28/11), foto Humas.

Batam (Netkepri) – DPRD Kepri melalui Komisi II nya mengajak semua pihak ikut menumbuh kembangkan investasi di Kepri saat ditengah ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, tentu tanpa dorongan semua pihak, kondisi ekonomi di Kepri akan semakin terpuruk.

“DPRD akan mendukung penuh apapun langkah yang diambil Pemprov Kepri untuk meningkatkan investasi di Kepri,” kata Ketua Komisi II DPRD Kepri, Hotman Hutapea saat menghadiri pembukaan konsolidasi investasi bidang pengawasan dan pengendalian penanaman modal di Batam, Selasa (28/11).

Oleh itu, DPRD mendorong Pemprov Kepri terus berkoordinasi dengan Pemerintah pusat, khususnya BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

“Kami berharap BKPM terus memandu kami meningkatkan investasi di Kepri. Saya yakin, ada banyak cara yang dapat dilakukan menarik investasi ke sini,” tegas Hotman.

Ditempat yang sama, kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (DPMPTP) Azman Taufik mengatakan trend ekonomi saat ini mulai membaik.

Salah satu indikatornya adalah meningkatnya peringkat dalam realisasi investasi.

“Kemarin kita peringkat puluhan. Sekarang sudah belasan. Kami akan terus sisir investasi tidak hanya di Batam Bintan Karimun, tapi juga di kabupaten-kabupaten lainnya,” kata Azman.

Azman menambahkan, bahwa beberapa waktu lalu investor banyak mengeluhkan soal lambannya pengurusan perijinan di Kepri. Penyebabnya, masih belum singkronnya antara satu satu satu organisasi perangkat daerah.

“Kalau lambat, mungkin karena masalah teknis. Antara satu OPD dengan OPD kadang masih belum singkron,” kata Azman.

Perbaikan pun sudah dilakukan dengan membuat standar operasi pelayanan (SOP). Sehingga, nantinya, investor yang akan menanamkan modal akan lebih mudah dan lebih cepat.

“Misalnya di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Sehari dua hari sudah selesai,” klaim Azman.

Persaingan sebagai tujuan investasi saat ini sangat ketat. Negara-negara tetangga Indonesia terus berbenah memperbaiki pelayanannya.

Vietnam dan Kamboja bahkan tidak hanya menawarkan pelayanan cepat saja, namun juga berbagai kemudahan regulasi.

Hadir dalam rapat ini, anggota komisi II Onward Siahaan dan Asmin Patros. (Hum/Admin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*