Pemko Tanjungpinang Gelar Upacara HUT RI ke 72

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah

Tanjungpinang (NetKepri) – Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang sangat penting bagi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, pada tanggal ini juga Proklamasi dikumandangkan yang menandai Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Dalam memperingati Upacara Kesadaran Nasional RI ke-72, Sekertaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono M.Si mengambil tugas sebagai Inspektur Upacara, yang diadakan di halaman DPRD Kota Tanjungpinang, dan dihadiri oleh seluruh ASN maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kamis (17/8).

Riono selaku inspektur Upacara membacakan sambutan dari Gubernur Kepulauan Riau, mengatakan bahwa semangat kemerdekaan harus mampu membangun optimisme untuk menghadapi setiap situasi ekonomi, baik global maupun domestik. Harus berkaca dari tahun lalu, sebab pengaruh terbesar bagi ekonomi Indonesia di 2017 ini antara lain perlambatan ekonomi Tiongkok, rendahnya harga minyak dan kebijakan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat, dan ini berpengaruh pada kondisi dalam Negri, khususnya sektor keuangan. Pengendalian inflasi sebagai salah satu tumpuan ekonomi, oleh karena itu agar inflasi di daerah dapat terjaga mengingat bahwa saat ini kita berada didalam kondisi perekonomian yang cukup berat.
Peringatan kemerdekaan diharapkan dapat memupuk jiwa pengabdian untuk ikut mensukseskan agenda pembangunan sesuai tema peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 ini yaitu “Indonesia Kerja Bersama”. Tentunya semua harapan kita tentang Indonesia itu hanya bisa dicapai dengan kerja bersama. Selain itu stabilitas dan keamanan Kepri harus terus terjaga dari berbagai sisi, baik itu ekonomi, sosial, politik dan keamanan. Dengan amannya kondisi di daerah tentu berjalannya pembangunan juga dapat berjalan lancar pula, menyangkut sinergritas Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dalam pengawasan orang asing di Kepri, Antisipasi Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomer 1 Tahun 2017 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara, perkembangan konflik laut China Selatan di wilayah kabupaten Natuna dan sosialisasi peraturan Pemerintah nomer 58 Tahun 2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Setelah Upacara Kesadaran Nasional selesai, kemudian dilanjutkan kembali Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang. Acara dimulai dengan penekanan tombol sirine, oleh Walikota Tanjungpinang H, Lis Darmansyah, SH selaku Inspektur Upacara, pada Kamis (17/8).

Upacara Peringatan HUT RI ke-72 yang di ikuti jajaran FKPD dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, serta tokoh-tokoh masyarakat Kota Tanjungpinang ini berjalan dengan hikamat dan tanpa hambatan apapun. Setelah acara detik-detik proklamasi juga di ikuti dengan penerima penghargaan pegawai teladan periode II (April s/d Juni 2017), penerima bantuan dari Dewan pengurus Korpri Kota Tanjungpinang, penerima bantuan sepeda motor untuk petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), penerima bantuan BPJS ketenaga kerjaan terhadap 5000 orang penerima PKH (Program Keluarga Harapan) yang diwakili oleh 5 orang peserta, penerima penghargaan urusan lingkungan hidup, dan penerima penghargaan petugas kebersihan secara simbolis.

Selain itu juga pada sore harinya, upacara penurunan bendera di pimpin oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd

Tentunya momentum kemerdekaan ini adalah sesuatu yang tidak ternilai bila di ukur dengan nilai, karena kemerdekan itu ialah sebuah pengorbanan, perjuangan yang menghasilkan sesuatu dan mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Nilai kebangsaan ini yang paling realita dan yang paling sering kita rasakan itu adalah cinta terhadap Bangsa dan Negara sendiri.

Bahwasanya rasa nasionalisme itu tidak perlu diajarkan, nasionalisme itu tidak perlu diberitahukan, nasionalisme itu harus dimunculkan dari diri kita sendiri, karena rasa nasionalisme itu merupakan suatu tanggung jawab. (Hum/Admin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sudah Kesana Kemari Mencari Titik Terang, Akhirnya Masyrakat Tirtomulyo Sepakat Melakukan Aksi

Tanjungpinang (NetKepri) – Pembahasan mengenai aksi sikap warga di kampung Tirtomulyo Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan ...