Pemko Tanjungpinang Hadiri Apeksi 2017 di Kota Malang

Pemko Tanjungpinang Hadiri Apeksi 2017 di Kota Malang

Tanjungpinang (NetKepri) – Perhelatan Rapat Kerja Nasional XII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (RAKERNAS XII APEKSI) 2017 di Kota Malang resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo, di Ballroom Hotel Savana Malang, Rabu (19/7).

Rakernas XII Apeksi ini dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd. Acara yang akan berlangsung 18 hingga 20 Juli ini dihadiri juga 98 Walikota se- Indonesia.

Dalam perhelatan Rakernas ini akan digelar Pawai Budaya Nusantara yang akan menampilkan parade khas daerah. Menariknya, parade tersebut Walikota dari seluruh anggota Apeksi akan berjalan melewati rute pawai, start dari Jalan Besar Idjen dan finish Jalan Sumeru Kota Malang, diiringi tim pawai budaya masing-masing Kota.

Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd mengatakan ada beberapa pokok bahasan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tetang pemerintah daetah yang akan didiskusikan dalam rakernas Rakernas Apeksi ini seperti, mekanisme pemeriksaan pejabat pemerintah daerah, singkronisasi mekanisme pemeriksaan bagi pejabat pemerintah daerah, dan implementasi Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi, ” ujarnya

Pada pagelaran pawai tersebut 98 Walikota akan tampil dengan menggunakan pakaian khas adat masing-masing yang diikuti dengan tampilan seni budaya dan fashion karnaval.

Begitu juga Kota Tanjungpinang yang ikut meriahkan pawai budaya nusantara. Tampak Wakil Walikota H. Syahrul, Asisten 1 Pemerintahan, Drs. Ahadi, Kasubag Tata Pemerintahan, Ripayandi Putra, serta tim pawai budaya mengenakan baju Kurung Melayu lengkap, bagi pria mengenakan tanjak dan songket, di iringi barisan pengantin Melayu, bunga manggar dan kompang.

Dikesempatan itu, Wakil Walikota H. Syahrul menyerahkan cinderamata kepada Walikota Malang berupa tanjak. Sementara Ibu Juariah Syahrul memberikan cinderamata berupa selendang khas Melayu dan marawis kepada Istri Walikota Malang.

Selain itu, pukul 16.00 Wib, akan ada upaca pembukaan pameran produk unggulan yang terangkum dalam Indonesia City Expo (ICE). Pameran dipusatkan di Stadion Luar Gajayana.

Dalam arena pameran yang berlangsung pada 19 hingga 23 Juli akan ada tampilan pentas seni budaya dari berbagai daerah.

Pada Rakernas Apeksi akan dilaksanakan kegiatan penanaman pohon khas daerah oleh 98 Walikota. Wakil Walikota H. Syahrul akan menanam bibit pohon pinang merah. Kegiatan akan berlangsung besok (20/7) yang dipusatkan di Taman Kota Merjosari. Red/admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Pesawat Menembak Markas Mako Lantamal IV Tanjungpinang

Tanjungpinang (NETKepri) –  Dua pesawat tempur tak dikenal menghujani peluru ke Markas Komando Pangkalan Utama ...